Pengertian Total Quality Management (Manajemen Kualitas Total) adalah strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi. (wikipedia)
Suatu prosedur dimana setiap orang bekerja
keras secara terus menerus memperbaiki jalan menuju sukses. (Slamet, 1995 dalam
Margono 2010)
Keberhasilan
Jepang dalam bidang ekonomi berhubungan erat dengan pengelolaan yang ahli dan
produksi yang tinggi. Jepang berhasil menerapkan TQM dan sistem TQM di Jepang
berbeda dengan sistem negara Barat. TQM Jepang melibatkan pihak atasan dan
pekerjanya. Mereka tidak bekerja dan bergerak sebagai individu ataupun komponen
yang berlainan, tetapi satu kesatuan atau tim.
Untuk
mencapai kualitas kerja yang baik, diperlukan komitmen, kerja sama, dan
pengelolaan terpadu antara atasan dan bawahan. Di Jepang, bawahan dianggap sebagai
komponen penting yang sebanding dengan pihak atasan. Sikap baik pada pekerja dan sistem
insentif yang diterapkan menjadikan pekerja Jepang sebagai pekerja terproduktif. Saat ini,
Jepang dikenal sebagai penghasil barang berkualitas tinggi.
Faktor
Keberhasilan Pengelolaan TQM di Jepang
¨ Kerja Keras
¨ Disiplin tinggi
¨ Kesetiaan pada organisasi
¨ Hemat waktu
¨ Kerja sama antara pihak swasta &
pemerintah
¨ Dukungan rakyat & keluarga
¨ Dorongan pihak yang berkuasa
¨ Sistem Keiretsu
¨ Kebijaksanaan mengelola segala
sumber daya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar