Mei 27, 2015

TQM DI JEPANG



Pengertian Total Quality Management (Manajemen Kualitas Total) adalah strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi. (wikipedia)

Suatu prosedur dimana setiap orang bekerja keras secara terus menerus memperbaiki jalan menuju sukses. (Slamet, 1995 dalam Margono 2010)

Keberhasilan Jepang dalam bidang ekonomi berhubungan erat dengan pengelolaan yang ahli dan produksi yang tinggi. Jepang berhasil menerapkan TQM dan sistem TQM di Jepang berbeda dengan sistem negara Barat. TQM Jepang melibatkan pihak atasan dan pekerjanya. Mereka tidak bekerja dan bergerak sebagai individu ataupun komponen yang berlainan, tetapi satu kesatuan atau tim.

Untuk mencapai kualitas kerja yang baik, diperlukan komitmen, kerja sama, dan pengelolaan terpadu antara atasan dan bawahan. Di Jepang, bawahan dianggap sebagai komponen penting yang sebanding dengan pihak atasan. Sikap baik pada pekerja dan sistem insentif yang diterapkan menjadikan pekerja Jepang sebagai pekerja terproduktif. Saat ini, Jepang dikenal sebagai penghasil barang berkualitas tinggi.

Faktor Keberhasilan Pengelolaan TQM di Jepang
¨  Kerja Keras
¨  Disiplin tinggi
¨  Kesetiaan pada organisasi
¨  Hemat waktu
¨  Kerja sama antara pihak swasta & pemerintah
¨  Dukungan rakyat & keluarga
¨  Dorongan pihak yang berkuasa
¨  Sistem Keiretsu
¨  Kebijaksanaan mengelola segala sumber daya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar