Mei 27, 2015

Kaizen dan Strategi Pengelolaan [MATERI KULIAH PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA]

[MATERI KULIAH PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA]

Kaizen dan Strategi Pengelolaan

                Perusahaan Jepang menciptakan peraturan Just In Time (JIT) => suatu sistem produksi yang dirancang untuk mendapatkan kualitas, menekan biaya, dan mencapai waktu penyerahan seefisien mungkin dengan menghapus seluruh jenis pemborosan yang terdapat dalam proses produksi sehingga perusahaan mampu menyerahkan produknya (baik barang maupun jasa) sesuai kehendak konsumen tepat waktu.
Cara tersebut memberikan rangsangan pada pekerja untuk memanfaatkan sumber daya yang ada dan juga menjadikan mereka lebih produktif dan disiplin. Untuk mencapai sistem tersebut diperlukan keselurhan perhatian mereka terhadap pekerjaan dan pengelolaan yang cekatan dinilai penting untuk menyukseskan pekerjaan. Oleh karena itu, Budaya kerja di Jepang memberikan penekanan pada strategi pengelolaan ialah Kaizen. Hampir seluruh organisasi Jepang menerapkan sistem pengelolaan ini.
Kaizen 改善
                Dalam Bahasa Jepang, kaizen berarti perbaikan yang berkesinambungan (continuous improvement).  Perbaikan yang melibatkan semua orang, baik manajer dan karyawan, dan menggunakan biaya dalam jumlah seminimal mungkin.
                Filsafat Kaizen menganggap bahwa cara hidup kita - baik cara kerja, kehidupan sosial, dan kehidupan rumah tangga, perlu disempurnakan setiap saat. Setiap kegiatan selalu dicoba untuk dibuat lebih baik lagi. Masaki Imai, (1992).
                Perbedaan yang paling penting antara konsep pengelolaan Jepang dan Barat adalah : Kaizen Jepang cara berpikirnya yang berorientasi pada proses sedangkan cara berpikir Barat tentang pembaharuan yang berorientasi pada hasil. Masaki Imai, (1992).
                 Pengelolaan strategi dan prinsip Kaizen penting untuk  mewujudkan budaya kerja yang kuat. Prinsip itu menanamkan kesetiaan pekerja pada perusahaan dan mempererat pihak pengelola dan bawahan,serta mengoptimalkan waktu dan biaya untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dalam kuantitas yang besar.
Pengelolaan yang diterapkan tersebut membuat keberhasilan Jepang dalam bidang Ekonomi dalam waktu singkat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar