Desember 20, 2013

[kuis 2] mata kuliah Pengantar Linguistik Umum

Ini adalah jawaban kuis 2 dari mata kuliah Pengantar Linguistik Umum. Saya mengepost ini disaat tugas ini sudah lewat dan saya kumpulkan ya.. jadi teman – teman sekelas saya tidak menyontek dari post ini.
KUIS 2

1.     Menurut Hymes dalam komunikasi harus memerhatikan delapan unsur yang disingkat SPEAKING. Jelaskan minimal tiga unsur!
Jawaban : Hymes (1974) Setting and scene, participants, ends, act sequences, key, instrumentalis, norms, genres.
a.     Setting and scene : unsur yang berkenaan dengan tempat dan waktu terjadinya percakapan. Misalnya percakapan yang terjadi di ruangan kantor saat rapat tentu berbeda dengan percakapan di kantin kantor saat istirahat.
b.     Participants : yaitu orang-orang yang terlibat dalam suatu percakapan. Unsur ini sangat penting, karena dengan memerhatikan faktor ini, kita dapat menentukan topic pembicaraan. Misalnya bila kita sedang mengobrol dengan atasan di kantor, tentu berbeda ragam bahasanya dengan kita berbicara pada pedagang di pasar.
c.      Ends : yaitu maksud dari hasil percakapan. Misalnya dalam sebuah rapat perusahaan, seorang direktur ingin mendiskusikan tentang keuangan perusahaan, maka saat rapat sudah usai ia harus sudah menyampaikan tujuan rapat tersebut.

3. Pernyataan seperti “yang benar adalah kata risiko bukan resiko” menunjukan sikap yang tidak deskriptif. Jelaskan!
Lingustik tidak bertugas menentukan mana yang benar (baku) dan mana yang tidak benar (tidak baku). Kalimat diatas menggambarkan sikap preskriptif. Yang penting dalam linguistik adalah apa yang sebenarnya diungkapkan oleh seseorang (sebagai data empiris) dan bukan apa yang menurut si peneliti seharusnya diungkapkan.

4. Jelaskan yang dimaksud dengan sosiolinguistik, psikolinguistik, dan dialektologi!
*     Sosiolinguistik : subdisplin linguistik yang mempelajari bahasa dalam hubungan pemakaiannya di masyarakat. Dalam sosiolinguistik ini, antara lain, dibicarakan pemakai dan pemakaian bahasa, tempat pemakaian bahasa, tata tingkat bahasa, pelbagai akibat adanya kontak dua buah bahasa atau lebih, dan ragam serta waktu pemakaian ragam bahasa itu.
*     Psikolinguistik : subdisiplin linguistik yang mempelajari hubungan bahasa dengan perilaku dan akal budi manusia, termasuk bagaimana kemampuan berbahasa itu dapat diperoleh.
*     Dialektologi : subdisiplin linguistik yang mempelajari batas-batas dialek dan bahasa dalam suatu wilayah tertentu.

6. Jenis fonetik menurut prosesnya ada tiga. Jelaskan!
            a. Fonetik artikulatoris : mempelajari bahasa berdasarkan mekanisme
                alat-alat bicara yang menghasilkan bunyi serta klasifikasinya.
            b. Fonetik akuistik : mempelajari bunyi bahasa akibat peristiwa fisis atau
                fenoma alam seperti getaran, intensitas dan nada.
            c. Fonetik auditoris : mempelajari bagaimana mekanisme bunyi bahasa
                 diterima oleh telinga.

8. Bunyi-bunyi konsonan dibedakan atas tiga criteria (1) posisi pita suara (2)tempat artikulasi (3) cara artikulasi. Jelaskan nomor 2 dan 3 minimal tiga tempat dan cara!
a. tempat artikulasi:
®   bilabial : konsonan yang terjadi pada kedua belah bibir, bibir bawah merapat pada bibir atas. [b] [p] [m]
®   labiodental : konsonan yang terjadi pada saat gigi bawah merapat pada bibir atas. [f] [v]
®   laminoalveolar : konsonan yang terjadi pada saat daun lidah menempel pada gusi. [t] [d]
 b. cara artikulasi:
®   hambat (letupan) : artikulator menutup sepenuhnya aliran udara, sehingga udara mampat di belakang. [p] [b] [t] [d] [k] [g]
®   geseran (frikatif) : artikulator aktif mendekati artikulator pasif, membentuk celah sempit. [f] [s] [z]
®   sengauan (nasal) : arikulator menghambat udara dimulut, tetapi membiarkannya melewati rongga hidung. [m] [n] [ny]

9. Di dalam unsur suprasegmental terdapat tekanan, nada, jeda dan silabel. Jelaskan dua dari empat!
 1.) tekanan : menyangkut masalah keras lunaknya bunyi. Dalam bahasa inggris tekanan ini bisa menjadi pembedaan makna. Contoh:
Blackboard                           dan                             blackboard
                  (papan tulis)                                                             (papan hitam)
2.) silabel : satuan ritmis terkecil dalam suatu ujaran atau runtutan bunyi. Menentukan batas silabel sebuah kata memang tidak mudah, karena penetuan batas itu bukan hanya soal fonetik, tetapi juga fonemik, morfologi dan ortografi. Contoh :
              Makan                                 dan                             Makanan
[ma] [kan]                                                                [ma] [ka] [nan]

10. Bagaimana cara mengidentifikasi fonem? Apa itu alofon?
·        Cara mengidentifikasi fonem:
Pertama, kita harus mencari satuan bahasa, biasanya sebuah kata yang mengandung bunyi tersebut, lalu membandingkannya dengan satuan bahasa lain yang mirip dengan satuan bahasa yang pertama. Kalau ternyata kedua satuan bahasa itu berbeda maknanya, maka berarti bunyi tersebut adalah fonem. Contoh:
[r][u] [m] [a] [h]
[r] [a] [m] [a] [h]
·        Alofon : variasi alat bunyi yang lain yang dapat mempengaruhi bunyi. Perbedaan bunyi tersebut dapat diketahui tergantung dari tempat mereka berada. Alofon juga dapat berarti suatu variasi fonem yang tidak membedakan arti sama sekali. Contoh :

Bunyi [t] dan [th] dalam bahasa Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar